• Dok, gimana cara menghilangkan penyakit mata ikan soalnya sekarang tdi nya 1 dikaki sekarang nyebar ke tangan,,???? Mohon solusinya..

    Selamat Malam

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda saya ingin memastikan kembali apakah anda yakin yang anda alami adalah benar mata ikan atau karena sebab lain. Mata ikan atau dalam istilah kedokteran disebut dengan klavus terjadi karena gesekan atau penekanan pada organ tubuh kita yang terjadi dalam waktu lama. Organ tubuh yang paling sering terkena adalah telapak kaki. Klavus umumnya berbentuk kerucut yang menghujam dan terasa nyeri.

    Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar klavus atau karena sebab lain. Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik secara langsung agar dapat mengidentifikasi penyebab keluhan anda. Jika memang benar karena klavus maka untuk mengatasinya sebenarnya yang terpenting adalah dengan menghindari faktor trauma dan tekanan. Karena mata ikan disebabkan oleh tekanan/gesekan maka jika penyebabnya dihilangkan, gejalanya biasanya akan hilang dengan sendirinya.

    Beberapa upaya yang bisa dilakukan sebagai upaya mengatasi mata ikan adalah:

    1. Menggunakan alas kaki yang lunak
    2. MEngurangi aktivitas yang berulang yang mengakibatkan penekanan pada satu tempat.
    3. Diberikan pengobatan dengan melakukan pengolesan menggunakan salap asam salisilat atau suspensi trikloroasetat ataupun bisa dengan mengeluarkan inti dengan cara eksisi total.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Maksih dokter atas solusi y,,,,jngn lupa yang satu lgi pertanyaan y dijwab soal y itu penting pake banget

    • Balasan ini diubah 9 bulan, 1 minggu yang lalu oleh  Yanto. Alasan: Kurang lengkap.

Beranda Tanya Dokter Cara Menghilangkan Penyakit Mata Ikan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.