• Dok, saya terkena penyakit selangkangan paha, saya terkena mulai umur 16 tahun, dan sekarang saya 18 tahun. Sekarang telah menjalar ke paha,betis, perut, dan punggung saya. apa yang saya lakukan dok ? saya harus ke dokter umum apa dokter spesialis ?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf pertanyaan yang anda ajukan masih kurang jelas. Penyakit selangkangan seperti apa yang anda maksud? Berupa gatal – gatal, bercak kemerahan atau seperti apa? Jika yang anda maksud berupa rasa gatal maka penyebabnya sangat banyak sekali. Perlu pemeriksaan secara langsung untuk memastikannya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal pada selangkangan yaitu antara lain:

    1.       Infeksi jamur, misalnya akibat tinea kruris ataupun candidiasis pada selangkangan. Keluhan yang muncul berupa rasa gatal pada selangkangan, bercak merah, dan lain sebagainya.

    2.       Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.

    3.       Penyebab lainnya

    Begitu pun dengan keluhan bercak merah pada selangkangan bisa terjadi karena infeksi jamur, bakteri virus atau sebab lainnya. Riwayat alergi juga bisa menjadi penyebab. Untuk itu silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Pengobatan tak boleh sembarangan karena malah bisa memperluas keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Penyakitnya sama seperti yang telah dokter jelaskan di link ini http://mediskus.com/penyakit/ciri-ciri-jamur-selangkangan-obatnya

    Tapi sekarang telah ke paha, betis, dan punggung saya seperti ini,klo dulu rasanya sangat gatal, terus di garuk malah melebar, tapi sekarang tidak gatal lagi dan setelah saya beri salep kurap, tetep gadak efeknya, apa bisa sembuh dok ? Apa bisa kulit saya kembali seperti semula ?

Beranda Tanya Dokter Penyakit Selangkangan Paha, Apa yang Harus Dilakukan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.