• selamat pagi dok, saya mau tanya, saya mempunyai anak laki-laki umur 15 tahun, waktu umur 10tahun anak saya menderita sesak napas dalam kurun 5 thn anak saya mengalami sesak napas lagi sekitar 3 minggu yg lalu sampe sekarang,seminggu yg lalu saya bawa ke dokter,dokter cuma bilang  tidak ada apa2 kondisinya bagus dan itu hanya penyakit lambung,terus terang anak saya suka begadang dan merokok,tp anak saya sudah sebulan yg lalu sudah tak merokok dan begadang,semalem anak saya menderita sesak napas lgi dan lebih parah,sesak napas dan berkeringat,pertanyaan saya apa penyakitnya dok,dan bagaimana pencegahannya,terima kasih dok

    Selamat malam Bapak Edwin,

    perlu dipastikan terlebih dahulu mengenai gejala yang Ananda alami, Apakah dia mengalami sesak napas dalam artian susah saat bernafas karena menyempitnya saluran nafas atau adanya penyumbatan pada saluran nafas, hal ini ditandai dengan nafas pendek, nafas terlalu cepat, dan adanya bunyi saat bernafas.

    Kemungkinan kedua, Apakah ananda mengalami sesak nafas dalam artian nyesek = saat menarik nafas terasa tidak leluasa karena seolah-olah ada yang menahan dari bawah dada (daerah paru-paru).

    Pada kondisi yang pertama (sesak nafas sesungguhnya) paling sering disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pernafasan, seperti penyempitan saluran nafas akibat asma, penumpukan dahak, atau adanya cairan di dalam paru-paru. hal ini seringkali ditandai dengan sesak nafas disertai batuk dan nafas berbunyi, terkadang bisa juga demam.

    Pada kondisi yang kedua (nyesek), paling sering disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pencernaan, yaitu lambung atau sakit maag, asam lambung yang naik, dan sebagainya. pada kondisi seperti ini sesak disertai dengan rasa nyeri di ulu hati, mual, dan bahkan muntah.

    Perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mendapatkan kepastian diagnosis dari kondisi ini.

    Mengenai kebiasaan merokok, memang erat kaitanya dengan masalah pada pernapasan. Oleh sebab itu menjadi hal yang baik apabila kebiasaan itu dihentikan ini mungkin.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Memastikan Penyebab Sesak Napas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.