• saya ke dokter syaraf dan harus di ct scan kepala dengan kontras, untuk diagnosa dokternya menulis “sequele stroke DD/SOL”. Pertanyaannya apa itu sequele stroke dd/sol?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sequele stroke merupakan suatu gejala sisa yang muncul akibat penyakit stroke yang terjadi sebelumnya. Stroke ada dua jenis yaitu stroke hemoragik (perdarahan) dan stroke iskemik atau stroke non hemoragik. SOL atau singkatan dari Space-Occupying Lesions merupakan suatu gambaran pada CT scan yang menunjukkan adanya lesi atau kelainan yang mengisi otak. SOL dalam otak juga sering berhubungan dengan tumor. Adanya SOL dalam otak sering menimbulkan pekananan pada jaringan otak dan menimbulkan peningkatan tekanan intra kranial serta menimbulkan keluhan klinis berupa:

    1. Nyeri kepala, biasanya nyeri sangat hebal dan bisa diperberat oleh perubahan posisi tubuh, batuk, ataupun aktivitas fisik tertentu. Nyeri bisa dirasakan pada kepala bagian depan, belakang kepala ataupun bagiannya kepala lainnya.
    1. Muntah tiba Рtiba tanpa diawali dengan mual. Muntah biasanya menyembur (proyektil). Muntah  biasanya terjadi pada tumor yang luas.
    2. Perubahan status mental, misalnya adanya gangguan konsentrasi, perubahan kepribadian, perubahan mood, mudah lupa dan berkurangnya inisiatif.
    3. Adanya gangguan keseimbangan.
    4. Kejang
    5. Papil edem, bisa menyebabkan keluhan penglihatan seperti penglihatan kabur, lapang pandang menyempit dan lain sebagainya.
    6. Gejala lain

    Sebaiknya hasil CT scan dibandingkan dengan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan. Pemeriksaan penunjang lain misal MRI kadang juga dibutuhkan untuk memberi tambahan informasi.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Squele Stroke Dd/ SOL

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.