• Dok, 2 minggu lalu saya batuk dan sempat sembuh selama seminggu.

    Tapi, seminggu kemudian batuk itu kambuh lagi disertai flu, kira-kira apa penyebabnya ya?

    Apa berpengaruh dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun ya dok?

     

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Batuk sebenarnya merupakan respon normal tubuh terhadap adanya benda asing yang masuk ke saluran napas. Batuk berfungsi untuk membersihkan benda – benda asing yang menyumbat di saluran napas tersebut. Namun batuk juga bisa terjadi karena sebab lainnya. Penyebab tersering adalah karena infeksi baik karena bakteri, virus, maupun mikroorganisme lainnya.

    Virus merupakan salah satu kuman penyebab tersering dari keluhan batuk dan pilek serta demam. Penyakit akibat virus terkait dengan daya tahan tubuh individu. Makin tinggi daya tahan tubuh maka virus akan lemah dan cepat mati. Namun saat daya tahan tubuh turun maka virus akan berkembang pesat dan menyebabkan penyakit makin memberat.

    Namun perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang jika dibutuhkan untuk memastikan penyebab keluhan. Hal ini penting untuk menentukan terapi yang paling tepat. Jika karena infeksi virus maka cukup diberikan obat simptomatik seperti obat batuk dan pilek untuk mengatasi keluhan. Namun jika penyebabnya karena bakteri maka perlu diberikan antibiotik untuk membunuh kuman.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Batuk Berdahak : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Batuk Kering : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyebab dan Cara Penyembuhan Batuk

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.