• Met mlm dok.. malam ini saat saya buang air kecil ada darah yang keluar. Tapi saya tidak merasakan sakit saat kencing.. apa saja penyebabnya ? Dan apa ada obatnya dok ?? Makasih…

    Salam hormat.

    Pertanyaan saya yang ke dua, saya menderita turun berok atau hernia. Sakit ini sudah saya derita sekitar tahun 2008 silam. Memang saat itu wkt pertama ketahuan buah sakar saya terasa sakit kalau tersentuh dgn jari atau pada saat memakai celana terlalu ketat. Namun pertengahan tahun 2015 buah sakar sy mengecil dan tdk besar saat brp tahun lalu.. kira2 apa sj obatnya dok..? Mohon petunjuk.. makasih..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air kecil berdarah atau disebut juga dengan hematuria dalam dunia kedokteran termasuk keluhan di sistem urinaria yang sering kali ditanyakan dalam forum konsultasi ini. Buang air kecil berdarah bisa disertai nyeri atau tanpa rasa nyeri sama sekali. Penyebab keluhan ini sangat banyak sekali. Berikut akan saya coba sampaikan beberapa kemungkinan penyebab buang air kecil bercampur darah yaitu antara lain:

    1. Infeksi saluran kemih (ISK). Penyakit ini bisa menyebabkan timbulnya keluhan BAK berdarah. Namun gejala utama yang sering muncul antara lain demam, nyeri perut, anyang – anyangan dan lain sebagainya.
    2. Batu saluran kemih juga bisa menimbulkan keluhan kencing berdarah. Umumnya disertai rasa nyeri yang hilang timbul. Keluhan nyeri bisa dirasakan ringan hingga berat.
    3. Infeksi pada bagian ginjal ini menyebabkan keluhan buang air kecil berdarah tanpa rasa nyeri. Umumnya keluhan BAK berdarah tanpa disertai nyeri. Keluhan ini sering disertai bengkak pada tubuh dan tekanan darah yang meninggi.
    4. Sindrom nefrotik merupakan penyakit autoimun yang memiliki gejala berupa BAK berdarah. Namun keluhan utamanya berupa bengkak pada kaki, mata, ataupun pada jaringan longgar lainnya di tubuh.
    5. Aktivitas yang berlebihan juga bisa menyebabkan keluhan hematuria, misal saat olahraga berat, dll
    6. Penyebab lain

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami serta memberi terapi yang sesuai dengan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyebab Kencing Berdarah dan Apa Saja Obatnya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.