• Selamat Siang Dok,

    Adapun yang mau saya tanyakan mengenai kesuburan saya. Bulan april-juni saya haid setiap tanggal 15, dibulan selanjutnya saya haid tgl 31 juli – 4 agustus, tetapi setelah itu saya belum haid sampai hari ini… kalau saya hitung dari tanggal terakhir saya haid itu berarti saya sudah telat 12 hari, tetapi saya coba cek test pack waktu hari ke 7 dan hari ke 9 hasilnya negative semua. tetapi perut saya rasanya melilit dan tidak karuan rasanya seperti orang mau haid tetapi tidak keluar juga haidnya. Dan tadi pagi pada saat bangun tidur, tulang ekor saya tiba-tiba sakit hingga sekarang.

    Pertanyaan saya kenapa saya belum haid juga tetapi hasilnya 2x selalu negative dan tulang ekor saya kenapa tiba-tiba jadi sakit ya dok.

    Mohon bantuan informasi dan solusinya mengenai ini.

    Terima kasih sebelunya ya Dok

    Wassalam

    Nia

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab terlambat haid bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya karena kehamilan saja. Secara umum akan coba diuraikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1.       Faktor psikosomatis atau stress berat baik karena pekerjaan, pendidikan dan lainnya bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.

    2.       Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.

    3.       Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens

    4.       Pengaruh KB hormonal terutama KB 3 bulan

    5.       Awal menopause atau wanita yang baru pertama kali mens juga  sering mengalami gangguan menstruasi

    6.       Penyakit organ reproduksi misalnya kista

    7.       Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SPOG) sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

    Tulang ekor nyeri bisa berkaitan dengan keluhan mens yang anda alami bisa juga tidak. Keluhan nyeri tulang ekor bisa juga terpengaruh dari posisi duduk yang kurang baik misalnya saat melakukan pekerjaan atau posisi duduk yang terlalu lama.

    Silakan baca link terkait keluhan anda berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyebab Telat Haid & Sakit Tulang Ekor

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.