• selamat siang dok saya mau bertanya jika berhubungan intim menggunakan pengaman apakah bisa terserang virus hiv jika salah satu terjangkit? terima kasih dok

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penularan HIV bisa terjadi melalui hubungan seks yang dilakukan tanpa pengaman (kondom) baik hubungan seks melalui vagina maupun anus. Hubungan seks melalui mulut (oral seks) memiliki resiko penularan yang lebih rendah namun bukan berarti tidak ada resiko sama sekali. Untuk menghindari penularan HIV maka bisa digunakan kondom sebagai alat pelindung saat melakukan hubungan seks melalui semua jenis penetrasi.

     

    Kondom dapat menjadi salah satu upaya perlindungan yang paling efektif untuk mencegah penularan dari infeksi HIV dan juga infeksi menular seksual lainnya. Kondom harus digunakan saat awal melakukan hubungan seksual agar tidak terlambat saat pasangan anda sudah ereksi dan ejakulasi. Pilih dan gunakan kondom yang berbahan lateks atau poliuretan.

     

    Selain penggunaan kondom, bisa juga digunakan pelumas saat akan melakukan hubungan seks. Hal ini bertujuan agar vagina dan anus menjadi lebih lembab sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya luka pada kulit dan mukosa vagina ataupun anus. Hal ini tentu akan membuat kenyamanan dan keamanan meningkat serta mencegah sobeknya kondom. Sebaiknya menggunakan pelumas yang mengandung air, bukan minyak. Pelumas yang mengandung minyak malah akan mengurangi kekuatan kondom dan juga memudahkan kondom menjadi rusak dan robek.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyebaran Virus HIV, Bisakah Menembus Kondom?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.