• Salam pak dokter. usia sy 28 thn. Pada  tahun 2011 sy mengalami patah tulang kering kaki kanan. Saat itu krlga memilih altrnatif pengobatan dukun urut. Seiring wktu skrg sy merasa tulang kaki sy tdk simetris.

    Sy merasa lbh cpt lelah jk byk berjaln atw mengangkat beban.

    Dok, apakh tulang yg sdh lama menyambung dpt di kembalikan posisinya sprt sedia kalah ? agr sy dpt brjlaan & beraktifts sprt semula

    Trmksh byk dok.

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang atau fraktur merupakan kondisi dimana terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen tulang yang patah. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, paling sering karena trauma atau benturan keras. Penyebab patah tulang lainnya adalah akibat fraktur patologis yaitu karena adanya penyakit lain yang mendasarinya, misal osteoporosis (tulang keropos), tumor yang menyerang tulang, infeksi tulang dsb.

    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya penyembuhan patah tulang yaitu antara lain lokasi terjadinya patahan, apakah ada pergeseran tulang, bagaimana bentuk patahannya, usia pasien saat mengalaminya, hingga bagaimana pertolongan pertamanya. Pertolongan pertama ini sering sekali menjadi faktor penyebab penyembuhan patah tulang menjadi lambat atau membuat penyembuhan tulang tak sempurna, yaitu karena tatalaksana yang diberikan tak tepat seperti dibawa ke alternatif atau dukun tulang. Akibatnya tulang tidak menyambung seperti sedia kala, menyebabkan pemendekan tulang hingga kecacatan.

    Penyambungan patah tulang yang tak sempurna ini bisa diperbaiki dengan melakukan operasi reposisi penyambungan tulang yang abnormal tersebut. Waktu yang dibutuhkan hingga tulang kembali normal tentu lebih lama dibandingkan jika tatalaksana yang diberikan sebelumnya tepat. Selain itu mungkin ada resiko penyembuhan tulang yang patah tidak akan kembali normal seperti sedia kala, namun tentu bisa jauh lebih baik dari kondisi anda yang sekarang. Silakan anda konsultasi secara langsung ke dokter ortopedi (bedah tulang) agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih detail guna menentukan terapi atau tindakan yang paling tepat untuk memperbaiki tulang anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    trmksh dok.

    Saya Sllu optimis bisa kembali kondisi semula.

    dan saya yakin ilmu kedokteran mampu untuk membantu saya.

    izinkan saya untuk tetap bisa berkonsultasi lbh lanjut di forum ini atw di email dokter,

    email saya : zulyanputra@yahoo.com

    trmksh. smga allah membalas apa yg dokter berikan. amin

Beranda Tanya Dokter Penyembuhan Tulang Patah Tidak Tepat Posisi ?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.