• dok.saya sedang promil, tapi belum berhasil. kemaren sempat priksa katanya ada penyumbatan di tuba falopi sebelah kiri. apa itu berpengaruh dengan belum hamilnya saya? dan apa yang harus saya lakukan dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tuba falopi (saluran telur) merupakan salah satu organ reproduksi yang penting bagi wanita. Karena saluran ini berperan sebagai tempat keluar nya sel telur yang dihasilkan dari ovum (indung telur). Jika saluran ini tersumbat maka ovum (sel telur ) tidak bisa dialirkan ke tempat dimana sel telur yang telah dibuahi bisa menempel dan berkembang menjadi janin. Oleh karena itu penyumbatan pada tuba falopi berkaitan dengan kemungkinan seorang wanita bisa hamil atau tidak.

    Penyumbatan tuba falopi bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain karena:

    1. Infeksi baik akut maupun infeksi kronis yang terjadi sebelumnya pada kedua saluran telur tersebut dapat menyebabkan tuba falopi mengalami perlengketan dan menyumbat. Penyebab infeksi bisa beraneka ragam salah satunya adalah bakteri Streptococcus, Staphylococcus dan sebagainya.
    2. Adanya massa atau tumor yang menyebabkan tuba falopi tersumbat
    3. Penyebab lainnya

    Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami secara tepat. Pengobatan yang diberikan pun bisa berbeda tergantung penyebab keluhan. Jika tuba falopi / saluran telur tersebut sudah sulit untuk dapat diperbaiki, maka ibu bisa mencoba program kehamilan dengan bayi tabung. Silakan konsultasi dengan dokter spesialis obgin yang merawat anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Penyumbatan Tuba Falopi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.