• malam dok saya ekky ingin bertanya. Tadi pagi saya melakukan kegiatan lari saat car free day. Mulai dari jalan santai – jalan cepat-lari kecil – lari. Dan setelahnya lutut saya terasa perih dan dirasakan setelah saya selesai olahraga -+6 jam setelah itu. Yang mau saya tanyakan

    1.  Termasuk penyakit sendi apa ya dok

    2. Apada obat atau tindakan media yang harus saya lakukan atau konsumsi

    3. Apakah berbahaya karena saya masih usia 28 tahun

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan rasa nyeri lutut bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa merupakan respon normal tubuh atau karena penyakit tertentu. Keluhan ini bisa terjadi pada siapa pun baik pada usia muda maupun tua. Pada kasus anda sebenarnya rasa nyeri bisa karena efek normal pasca olahraga. Pada saat olahraga, otot akan mengalami kontraksi dan terjadi penumpukan asam laktat pada area sekitar otot tersebut sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Hal ini sering terjadi pada individu yang jarang berolahraga, olahraga dalam jangka waktu lama, hingga kurangnya pemanasan sebelum mulai berolahraga.

    Olahraga yang berlebihan juga bisa menyebabkan trauma pada lutut, sehingga menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri bisa terjadi akibat gangguan pada sendi lutut atau bisa juga pada jaringan lainnya seperti otot maupun tulang. Pada saat memasuki usia lanjut, aktivitas yang berlebihan misal saat berolahraga juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada sendi akibat gesekan kuat dan terus menerus yang terjadi selama olahraga. Pada individu ini pelumas yang berfungsi melindungi sendi menurun produksinya sehingga menyebabkan keluhan nyeri pada sendi. Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter jika memang keluhan sangat mengganggu dan berlanjut agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Untuk pengobatan awal anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri misal dengan paracetamol, asam mefenamat, ibuprofen atau obat analgetik lainnya.
    Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Rasa Perih di Lutut Setelah Olahraga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.