• Assalamualaikum dokter. Saya sera. Saya baru memiliki anak & umur anak saya jalan 8 bulan.

    Saya ingin memberi tahu perkembangan anak saya.

    Begini dokter, sejak anak saya lahir. Anak saya sering menangis meraung raung seperti orang yg kelaparan. Padahal saya selalu memberi asupan lebih dari cukup. Mulai dari sufor udah saya beri sejak umur anak saya 2 minggu karena asi saya gak keluar sampai sebulan. Trs sering muntah yg berlebihan sampai umur 5 bulan. Anak saya jg udah saya kasih MPASI sejak umur 3 bulan tp pertama kali saya kasih buah pisang karena anak saya selalu menangis meraung raung. Skrg umur anak saya jalan 8 bulan tp blm duduk & gak merangkak. Untuk pertumbuhan gigi, udah 8 gigi yg tumbuh. Apa pencernaan anak saya bagus dok buat kedepannya nanti? Trs sikap saya harus bagaimana menghadapi anak yg over nangisnya?

    Terima kasih dokter buat sarannya

    Wassalamualaikum

    Selamat Pagi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebagai informasi untuk anda, bayi umur kurang dari 6 bulan tidak disarankan pemberian makanan tambahan pendamping ASI. Sebaiknya MP-ASI seperti pisang dan lain sebagainya baru diberikan saat anak sudah mencapai usia 6 bulan. Anak yang rewel sebenarnya tidak selalu karena ada masalah dalam tubuhnya, sering juga bayi hanya butuh pelukan atau belaian ibu ataupun ayahnya karena pada dasarnya mereka ingin mencari kenyamanan. Orang tua yang panik justru akan membuat bayi makin rewel. Oleh karena itu sebaiknya sebagai orang tua tetap tenang, pastikan suhu badan bayi normal, aktif menyusu, gerak aktif. Jika indikator tadi berada dalam batas normal maka sebaiknya jangan terlalu khawatir dan panik.

    Untuk mengetahui perkembangan anak, bisa dilakukan pemeriksaan KPSP yang bisa dilakukan tiap 3 bulan pada anak kurang dari 2 tahun dan tiap 6 bulan pada anak 2 tahun hingga 6 tahun. Jika bayi anda usia 6 hingga 8 bulan 15 hari maka anda bisa menggunakan KPSP 6 bulan. Jika usia bayi anda 8 bulan 16 hari ke atas maka bisa menggunakan KPSP 9 bulan. Anda bisa mencari di internet kuesioner KPSP 6 bulan atau 9 bulan di internet. Jika jawaban Ya dari 10 pertanyaan kuesioner berjumlah 9 – 10 maka perkembangan anak sesuai. Jika jawaban ya berjumlah 7 – 8 maka perkembangan meragukan dan perlu dilakukan stimulus selama 2 minggu lalu dilakukan pengecekan ulang. Namun jika jawaban ya berjumlah 6 atau malah kurang dari itu maka ada penyimpangan dalam perkembangan anak sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter spesialis Anak khususnya konsultan tumbuh kembang anak.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Assalamualaikum dokter.

    Maaf dok, cara kpsp itu dilakukan di rumah sakit spesialis anak? Lalu yg saya cari di internet seperti yg dokter katakan, hanya wacana saja. Bagaimana dokter selanjutnya?

Beranda Tanya Dokter Seperti Apa Perkembangan Anak 8 Bulan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.