• Assalamualaikum Dok..  Saya Aprilia, usia saya 20 tahun.  saat ini saya kuliah semester 4. Saya sering sakit kepala Dok,  terkadang mual,  terkadang oleng.  Saya merasa ada benjolan di kepala bagian atas yang sering sakit.  Dan terkadang kalau kepala saya sakit , pada bagian belakang dekat telinga saya muncul benjolan kecil.  Saya pernah terjatuh di kamar mandi terbaring,  dan kepala saya bagian belakang tertumbuk  anak tangga dalam kamar mandi.  Saat kejadian itu,  saya tidak pingsan hanya saja objek dan ruangan dalam kamar mandi terlihat gelap beberapa saat dan saya pusing. Saat berdiri,  saya sempat mual.  Kejadian itu kurang lebih terjadi saat saya duduk di kelas 2 SMP.

    Oh ya Dok,  terkadang kalau bangun tidur pun saya sering sakit kepala.

    Dan akhir-akhir ini kepala saya sakit hampir tiap hari.

     

    Mohon bantuannya Dok..  Dan terima kasih sebelumnya..  Wassalam..

    Maaf Dok,  saya lupa tulis..  benjolan yang saya maksud selain bagian belakang kepala yaitu kepala bagian atas Dok.  Terimakasih..  Mohon maaf karena telah mengganggu aktivitas Anda..

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab sakit kepala sangat banyak mulai dari sebab ringan hingga kondisi klinis tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang bisa mencetuskan ataupun menyebabkan keluhan sakit kepala yaitu antara lain:

    • Aktivitas fisik yang padat tanpa diimbangi istirahat yang cukup bisa mencetuskan keluhan sakit kepala.
    • Kurangnya asupan nutrisi ataupun karena pola makan tak teratur seperti terlambat makan dll. Konsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi (misal garam dan MSG), makanan tinggi kolesterol (misal udang, kepiting, daging kambing, dll), kafein ataupun alkohol bisa menyebabkan keluhan sakit kepala
    • Tekanan darah yang tidak normal baik karena terlalu tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah rendah (hipotensi)
    • Faktor psikis atau stress
    • Adanya massa atau tumor intra kranial (di dalam kepala)
    • Penyakit pembuluh darah dan gangguan persarafan lainnya
    • Penyebab lainnya

    Jika keluhan nyeri berlangsung hebat ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter, terutama spesialis syaraf. Jika memang berdasarkan hasil pemeriksaan fisik perlu dilakukan pemeriksaan penunjang maka tentu dokter akan menyarankan. Termasuk perlu tidaknya CT-scan akan ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Oleh karena itu silakan periksakan diri anda terlebih dahulu ke dokter terdekat di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Perlukah CT SCAN Saya Lakukan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.