• Pagi dokter…saat ini usia kandungan saya sudah masuk 34w menjelang 35w,saya rutin periksa ke bidan maupun ke dokter kandungan,tetapi mereka tdk prnah menyarankan atau memberikan vaksin TT untuk saya,saya juga lupa menanyakan hal itu…apa vaksin TT itu pnting d lakukan atau tidak d kehamilan ke 3 saya ini?saya pernah d vaksin TT hanya d kehamilan yang pertama saja.terimakasih…

    Selamat pagi terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Pemberian vaksin TT atau tetanus toksoid pada ibu hamil diperlukan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum atau penyakit tetanus yang menyerang bayi setelah lahir. Di samping itu, bermanfaat juga untuk mencegah tetanus pada ibu setelah melahirkan.

    Pada ibu hamil yang belum pernah diberikan imunisasi atau vaksinasi TT, sebaiknya diberikan sebanyak 3 kali selama kehamilan (TT 1-3). Selanjutnya diberikan lagi suntikan (TT4) selang satu tahun dari TT3. Selang satu tahun lagi dari TT4 diberikan vaksinasi TT5.

    Jika sebelumnya ibu sudah suntik sebanyak 5 kali, maka pada kehamilan selanjutnya tidak perlu diberikan vaksinasi TT lagi.

    Apabila terjadi keterlambatan atau tidak sesuai dengan jadwal di atas, maka tinggal ditambah kekurangannya hingga mencapai TT5.

    Sumber: Depkes RI, 2013.

Beranda Tanya Dokter Perlukah Vaksin TT Saat Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.