• Bu, dokter

    sudah sekitar 1 Thn ini, perut saya terasa kurang enak seperti kembung dan Panas. kualitas BAB sangat jarang, bila posisi berbaring seperti ada tonjolan diperut sebelah kanan dan bila BAB perut terasa Turun .

    mohon masukan dan sarannya, tks

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan perut yang kembung dan terasa panas sering kali terjadi akibat gangguan lambung atau biasa disebut sebagai dispepsia. Penyakit ini juga kerap menimbulkan keluhan gangguan buang air besar baik konstipasi atau sembelit atau malah keluhan mencret. Keluhan ini biasanya dicetuskan setelah konsumsi makan makanan pedas dan berminyak, makan makanan yang terlalu asam, stress, terlalu banyak merokok, telat makan, alkohol dan lain sebagainya.  Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan menghindari makan makanan yang mengiritasi lambung, hingga mengkonsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid.

    Untuk keluhan lainnya seperti tonjolan di perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari gangguan pada otot perut hingga pada organ dalam. Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda.

    Untuk keluhan perut terasa turun saat BAB nampaknya anda perlu menceritakan lebih detail maksud dari kondisi yang anda maksud tersebut. Seperti apa gambaran perut turun yang anda maksud?

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Oke, Bu Dina. terimakasih atas masukan dan sarannya.

    Ada yang bilang bila ada benjolan seperti penggumpalan angin di Usus itu disebut Henia ya Bu, Tks

Beranda Tanya Dokter Permasalah di Lambung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.