• Salam,

    Mau tanya, Dokter. Anak saya, perempuan, 8 tahun, sejak sekitar 2 tahun lalu kadang2 mengeluhkan persendiannya yang katanya terasa sakit, katanya “di dalam”, “tidak jelas di mana”, yang jelas di sekitar persendian. Sakitnya berpindah2, kadang2 di sendi pergelangan tangan, lengan, sendi mata kaki, atau lutut. Sekali sakit biasanya hanya terasa di satu persendian saja (artinya, tidak di dua atau lebih persendian sekaligus). Setiap sakit hanya dibiarkan saja, selama sekitar satu jam, hingga hilang sendiri.

    Pertanyaan saya, apa sesungguhnya penyakit yang diderita anak saya itu? Apa penyebabnya, dan bagaimana mengatasinya?

    Terima kasih atas kebaikan Dokter.

    Salam.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa nyeri pada persendian merupakan hal yang umum yang dapat dirasakan mulai dari usia tua hingga usia muda, begitu pun pada anak – anak. Ada beberapa penyebab keluhan timbulnya nyeri sendi pada anak – anak, bisa disebabkan oleh hal yang ringan atau penyakit tertentu yang lebih serius. Berikut akan dipaparkan beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri sendi pada anak yaitu antara lain:

    1.       Kelelahan fisik pada anak setelah bermain bisa menyebabkan keluhan nyeri pada sendi.

    2.       Adanya cedera pada sendi misal akibat terjatuh, olahraga terlalu berat pada anak, dan lain sebagainya juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada sendi

    3.       Akibat penyakit primer yang mendasarinya, misal anak yang sedang terkena penyakit infeksi cacar ataupun campak akan mengalami keluhan timbulnya nyeri pada sendi. Namun keluhan ini akan menghilang setelah infeksi primernya tertangani dengan baik.

    4.       Artritis atau radang sendi juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada sendi anak. Artritis bisa terjadi karena infeksi, penyakit autoimun dan lain sebagainya

    5.       Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang oleh dokter untuk dilihat gambaran klinisnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Persendian Anak Sering Sakit, Kenapa?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.