• dok saya mau tanya umur saya 15 tahun, saya demam kalo diminumi obat saya sembuh tapi beberapa jam lagi saya demam lagi dan tangan saya juga merasa nyeri.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena hal – hal sebagai berikut:

    1. Karena dehidrasi. Kekurangan cairan baik akibat kurangnya asupan cairan dan banyaknya aktivitas, atau karena penyakit tertentu dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh.
    2. Infeksi baik karena bakteri, virus maupun jamur bisa menyebabkan peningkatan suhu akibat respon inflamasi yang terjadi.
    3. Penyakit keganasan seperti kanker darah dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan peningkatan suhu.
    4. Dan lain sebagainya.

    Tatalaksana demam hingga sembuh sempurna sebenarnya tergantung dari penyebabnya karena demam hanyalah gejala penyakit. Sehingga yang paling penting justru mengobati penyebab penyakitnya.

    Namun untuk pengobatan awal dapat diberikan obat anti piretik (penurun panas), misalnya paracetamol dengan dosis 10-15mg/kgBB per kali pemberian. Untuk dewasa, paracetamol bisa diminum 500 mg setiap kali minum dan bisa diulang setiap 4 sampai dengan 6 jam jika panas masih terus berulang. Dosis maksimal konsumsi paracetamol dalam satu hari sebanyak 4000 mg.

    Jika keluhan demam berlangsung terus menerus selama tiga hari berturut – turut dan tidak turun juga dengan konsumsi obat penurun panas, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Demam Naik Turun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.