• dok saya saya punya anak baru umur satu bulan mungkin dalam waktu satu minggu setelah lahir sering bab ,dan sekrang minggu kedua sampai minggu sekrang tidak pernah bab, ad permasalahan apa ya dok .. anakk saya slalu minum asi.apa salh konsumsi sama ibunya. dengan cara apa biar bab anak saya lancar,,,

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Neonatus atau bayi baru lahir memiliki rentang usia 0 hari sampai 1 bulan. Definisi bayi sendiri merupakan anak dengan usia 1 bulan hingga 1 tahun. Tiap bayi memiliki pola buang air besar (BAB) yang berbeda. Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia  frekuensi BAB normal pada bayi dengan usia 6 hingga 12 bulan berlangsung sekitar 2- 4 kali dalam sehari. Pada bayi baru lahir frekuensi BAB bisa berlangsung 4- 10 kali dalam sehari dan hal ini masih dianggap normal dan bukan termasuk diare. Ada beberapa hal yang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi antara lain ASI atau susu formula yang dikonsumi, makanan tambahan pendamping ASI, pola makan dan minum, aktivitas, dan juga kecepatan tubuh bayi untuk mencerna makanan yang masuk. Adanya perubahan pada salah satu faktor tersebut maka gangguan pada buang air besar bisa saja terjadi.

    Jika buang air besar berlangsung kurang dari tiga kali dalam seminggu, terjadi perubahan konsistensi tinja menjadi lebih keras dari biasanya, dan juga bayi tampak kesakitan saat buang air besar, maka kemungkinan bayi anda sedang mengalami sembelit atau konstipasi. Frekuensi buang air besar normal pada bayi usia 0-5 bulan yang masih konsumsi ASI seminggu sekali masih bisa dianggap normal. Untuk memastikan kondisi bayi anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengatasi Bayi Susah BAB, Efektif dan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Pertanyaan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.