• Selamat pagi dok, saya wanita usia 21 tahun. Setiap hari senin dan kamis saya selalu melaksanakan puasa sunnah, tetapi kenapa ya ketika sore perut kiri bagian bawah saya sakit sekali. Kira-kira apa ya penyebabnya ? Kalau sahur saya hanya minum air putih. Apakah itu mempengaruhi ? Saya takut ada penyakit dalam tubuh saya. Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail bagaimana karakteristik nyeri yang dialami misalnya apakah nyeri melilit, terasa ditusuk – tusuk, panas dan lain sebagainya.

    Adakah keluhan lain yang menyertai seperti demam, mual muntah atau keluhan lainnya. Informasi sekecil apapun akan dapat membantu mengidentifikasi penyebab keluhan.

    Berdasarkan riwayat yang anda sampaikan dimana anda sering puasa namun hanya sahur dengan air putih tanpa asupan makanan apapun maka bisa saja keluhan yang anda alami karena gangguan lambung. Saat puasa maka perut akan kosong dalam jangka waktu lama apalagi ditambah tidak ada makanan yang bisa diolah oleh lambung sehingga asam lambung yang diproduksi untuk menghancurkan makanan malah akan mengiritasi mukosa lambung dan menimbulkan nyeri di perut bagian kiri. Namun bisa saja keluhan terjadi karena sebab lainnya misalnya karena infeksi saluran cerja atau karena sebab lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter. Pengobatan yang diberikan tergantung penyebab keluhan anda.

    Silakan anda baca artikel berikut:

    Nyeri Perut Kiri Bawah: Penyebab dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri Sakit Ketika Puasa

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.