• Selamat Malam dok..

    Saya Rahma umur saya 18 thn, keluhan saya, saya sering kali nyeri perut bagian bawah sebelah kiri biasanya juga sebelah kanan. Nyeri itu terjadi secara tiba-tiba, ketika saya melakukan banyak gerak tiba-tiba nyeri itu muncul. Dan ketika saya hanya duduk-duduk atau sementara baring nyeri itu juga timbul. Saya merasakan nyeri ini semenjak umur 15 tahun. ketika nyeri itu datang rasanya badan tidak bisa di luruskan..dan saya merasa sesak napas saat nyeri.itu sakitnya luar biasa..sebenarnya itu gejala apa dok ,mohon konsultasinya dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak macam penyakit sehingga perlu penggalian informasi mengenai bagaimana rasa nyeri yang anda rasakan. Karakteristik nyeri, gejala penyerta dan informasi lainnya mengenai informasi yang anda alami sangat membantu untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Sayangnya anda tidak menjelaskan secara lebih detail bagaimana keluhan nyeri yang anda alami.

    Nyeri perut sebelah kira dan kanan  bawah bisa disebabkan oleh banyak hal seperti di bawah ini:

    1.       Gangguan pada otot perut bisa menyebabkan rasa nyeri, kram perut, dan keluhan tidak nyaman lainnya

    2.       Infeksi pada appendiks (appendisitis) menyebabkan keluhan nyeri perut kanan bawah. Keluhan lain yang menyertai antara lain demam, mual, ataupun muntah.

    3.       Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri bisa  terjadi di perut kanan atau kiri tergantung saluran kemih bagian mana yang terkena.

    4.       Gangguan psikosomatis juga bisa menyebabkan keluhan nyeri yang dialami pasien. Namun pada gangguan ini tidak ditemukan organ atau bagian tubuh yang bermasalah.

    5.       Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Nyeri Perut Kiri Bawah: Penyebab dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Perut Nyeri Bagian Kiri dan Kanan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.