• dok.. sudah setahun ini saya pilek & bersin2.. frekuensi pilek & bersin2 yang sering di malam hari & bangun tidur.. cairan pilek berwarna bening dan encer.. kadang kalo siang badan rasanya seperti demam tapi sore hilang. dan ini sangat mengganggu aktifitas saya karna menjadi mudah capek dok..

    saya sudah pernah berobat kepuskesmas katanya sinusitis gak bisa sembuh harus minum obat terus & harus meningkatkan daya tahan tubuh.

    Pernah berobat ke dokter katanya alergi tapi tidak ada pemeriksaan lebih lanjut.cuma dikasih resep obat tremenza, asam mefenamat dan neurodex. selama minum obat dari dokter pilek2 dan bersin2 sembuh.. tapi setelah obatnya habis saya kembali pilek & bersin2 lagi. kira2 penyakit saya ini sinusitis atau cuma rinitis alergi ya dok?

    Saya pengen sembuh dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda alami kemungkinan terkait dengan rinitis alergi yang merupakan peradangan pada mukosa hidung akibat alergen seperti debu, jamur, bulu binatang, dan sebagainya. Rhinitis alergi juga sering dicetuskan akibat udara dingin, sehingga tak heran jika keluhan ini sering timbul pada pagi dan malam hari. Gejala rhinitis alergi berupa keluhan sering bersin (terutama saat bangun tidur di pagi hari), keluar ingus yang biasanya bening dan encer, adanya post nasal drip (ingus yang mengalir di tenggorokan), hidung terasa gatal dan lain sebagainya.

    Rinitis alergi bisa berkembang menjadi sinusitis jika sekret menumpuk pada rongga ingus dan terinfeksi. Gejala sinusitis berupa nyeri pada dahi, pipi, atau belakang mata dan hidung tergantung rongga sinus yang terinfeksi. Bisa juga disertai sakit kepala, demam dan lain sebagainya.

    Anda sebaiknya kontrol ke dokter jika gejala rinitis alergi sampai mengganggu tidur ataupun sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengobatan utama rinitis alergi adalah dengan menghindari alergen. Karena penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan namun bisa dikendalikan dengan menghindari alergen. Konsumsi obat – obatan flu dapat membantu mengurangi keluhan pilek. Paracetamol dapat digunakan untuk mengurangi demam, dan juga sakit kepala yang muncul.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Jika terus menerus mengonsumsi obat tremenza dan neurodex dalam jangka waktu panjang ada efek buruk bagi tubuh gak dok..?

    Jika terus2 menerus mengonsumsi obat saya takut jika ada efek buruk bagi tubuh..

Beranda Tanya Dokter Pilek Berkepanjangan, Apakah Sinusitis atau Rinitis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.