• pagi dok,

    Begini dok, saya mau tanya tentang gejala penyakit saya dok. Jadi saya pilek sudah sebulan tidak sembuh-sembuh dok, ingus saya berwarna putih seperti tipe x dan kental. Sehabis mengeluarkan ingus tersebut, kepala saya menjadi sakit seperti mendengung. Saya juga jadi susah bernapas dok, apakah saya terkena peyakit berbahaya dok? mohon jawabannya dok, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pilek yang berkepanjangan memang kerap kali menimbulkan keluhan tambahan, yang paling sering adalah sakit kepala. Hal ini biasanya terjadi karena penumpukan sekret atau ingus pada saluran napas dan rongga sinus yang ada  di kepala.  Kesulitan bernapas juga sering terjadi karena ingus yang menyumbat saluran napas. Jika dibiarkan terus menerus, maka ingus bisa juga mengganggu saluran napas bawah  yakni di paru. Penyebab keluhan ini bisa terjadi karena banyak hal, antara lain karena alergi dan infeksi baik infeksi karena bakteri, virus, dan lain sebagainya

    Ada banyak infeksi saluran napas yang menyebabkan keluhan pilek berkepanjangan dan sakit kepala antara lain karena:

    • Rhinitis atau infeksi pada rongga hidung. Rhinitis alergi sering kali menjadi penyebab pilek tidak berkesudahan. Faktor alergen yang belum bisa dihindarkan membuat keluhan berkepanjangan dan juga sering berulang
    • Sinusitis atau infeksi pada  rongga sinus. Akibat menumpuknya sekret pada rongga sinus menyebabkan keluhan sakit kepala, hidung tersumbat, keluar sekret berwarna kekuningan dan bahkan hingga kemerahan jika bercampura darah dan gejala lainnya.
    • Penyebab lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Berat ringannya keluhan anda baru bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan dan tegak diagnosisnya.

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Menyembuhkan Pilek/Flu dengan Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok

Beranda Tanya Dokter Pilek Berkepanjangan dengan Ingus Kental

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.