• Sore dok maaf mau tanya… usia sy bru 16th bebrapa bulan belakangan ini sy hampir tiap hari pilek yang bening seperti air  dan bersin..tiap satu bulan sekali pasti mengalami radang tenggorokan wajah kaku dan mata rasanya tdk nyaman….itu pertanda lenyakit apa dok? Dan tolong kasi solusinya .. terimakasih

    Selamat sore Ana,

    Pilek atau flu dengan ingus yang berwarna bening dan disertai dengan bersin-bersin yang berlangsung lama hingga berminggu-minggu bisa disebabkan oleh infeksi ataupun alergi.

    Pilek Akibat Infeksi

    Jika pilek berkepanjangan itu disebabkan oleh infeksi, maka biasanya ditandai dengan gejala-gejala yang lain seperti demam, sakit kepala, rasa sakit di sekitar daerah hidung dan kepala, serta keringat dingin. jika dibiarkan bisa jadi ingus berubah warna menjadi kekuningan atau kehijauan dan berubah menjadi lebih kental.

    Gejala lain yang bisa muncul yaitu batuk-batuk, rasa gatal pada tenggorokan, bisa juga disertai dengan rasa sakit di tenggorokan akibat proses peradangan yang terjadi.

    Pada kondisi seperti ini anda harus memeriksakan diri ke dokter, karena apabila itu infeksi bakteri maka diperlukan terapi dengan antibiotik yang sesuai seperti yang diresepkan oleh dokter.

    Pilek Akibat Alergi

    Jenis pilek yang satu ini bisa muncul setiap hari dan berkepanjangan, muncul ketika adanya suatu paparan penyebab alergi, misalnya udara dingin di pagi hari, debu, bulu kucing dan sebagainya.

    Baca juga: Rinitis Alergi

    Gejala pilek alergi paling sering berupa bersin-bersin, hidung terasa begitu gatal dengan ingus yang bening dan cair, terkadang bisa juga disertai dengan mengi atau bunyi nafas ketika terjadi sesak.

    Batuk dan radang tenggorokan bisa saja terjadi, namun pada alergi yang murni jarang sekali atau tidak pernah disertai dengan demam.

    Kedua hal di atas memang memerlukan pemeriksaan oleh dokter secara langsung untuk memastikan mana yang menjadi penyebab pilek yang anda alami. akan lebih tepat apabila anda memeriksakan diri ke dokter THT.

    Adapun beberapa tips yang dapat anda terapkan di rumah yaitu:

    • banyak minum cairan baik air putih ataupun jus buah.
    • hindari asap debu, dan udara dingin jika anda alergi terhadap dingin. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu mandi dengan air hangat di pagi hari.
    • Perbanyaklah makanan yang bergizi, protein tinggi dan buah serta sayuran yang kaya akan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Baca juga: Tips Agar Flu Cepat Sembuh

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

    Terimaksih dok..

Beranda Tanya Dokter Pilek Berkepanjangan Pertanda Penyakit Berbahayakah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.