• Selamat pagi dok, pinggang sebelah kiri saya terasa sakit banget , itu gejala apa ya dok, sebelumnya saya tidak pernah merasakan sakit yang luar biasa itu  , terus saya minumin banyak air malah terus muntah

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pinggang sering dialami oleh beberapa individu baik usia muda maupun usia tua. Keluhan ini bisa disebabkan oleh beberapa sebab baik karena masalah ringan maupun masalah berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab nyeri pinggang antara lain:

    1. Akibat gangguan muskuloskeletal (tulang dan otot) misalnya karena muscle sprain, muscle strain, nyeri sendi dan masih banyak lagi. Gangguan ini bisa disebabkan karena banyak hal misal akibat faktor pekerjaan, posisi tubuh yang kurang baik saat beraktivitas, trauma / benturan dan lain sebagainya. Keluhan nyeri pinggang akibat gangguan muskuloskeletal umumnya dipengaruhi oleh posisi tubuh. Artinya nyeri bisa bertambah ataupun berkurang dengan posisi tubuh tertentu.
    2. Adanya batu saluran kemih, juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada bagian pinggang kanan. Nyeri bisa hilang timbul ataupun terus menerus.
    3. Gangguan fungsi ginjal juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada pinggang, baik karena ginjal bengkak, gagal ginjal dan lain sebagainya
    4. Infeksi saluran kemih yang mengenai saluran urinaria kanan juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pinggang. Umumnya disertai dengan demam.
    5. Gangguan pada organ reproduksi juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada pinggang yang dialami wanita.
    6. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga bisa ditegakkan diagnosis penyakitnya serta dapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pinggang Sebelah Kiri Terasa Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.