• Sore dok,

    Sy seorg ibu,usia 40thn,mau     tanya,wktu itu gigi geraham depan kiri sy gusinya bengkak dan sampe ke bagian pipi bawah,dan krn gigi diatasnya sdh tidak utuh lg/tinggal sisa,dokter menganjurkan untuk dicabut.Karena ada nanah,sy dsarankan utk minum Nolipo 500mg 5 hr sebelum dicabut.

    Sekarang gigi saya sdh dicabut dok,tapi knp bengkak dipipi sudah seminggu setelah dicabut blm jg kempis.Jika diraba pake lidah,tdk ada benjolan pada bag dlm pipi,tp dr luar (klo bercermin) pipi bwhnya ky bengkak.Tidak berasa sakit,cuma klo ditekan oleh tangan ada rasa sprti pegal gt dok.Apa ini proses penyembuhan pasca pencabutan dok?soalnya obat dr dokter stlh dicabut sdh hbs.

    Mohon saran dr dokter.Trimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setelah pencabutan atau ekstraksi gigi, memang akan muncul bengkak pada gusi dan pipi. Biasanya lama kelamaan bengkak akan berkurang dalam waktu 1 hingga 2 minggu hingga akhirnya kondisi gigi dan mulut terasa lebih nyaman serta bengkak dan nyeri hilang sepenuhnya. Proses penyembuhan gusi pasca tindakan ekstraksi bisa berbeda – beda tergantung beberapa hal antara lain ada tidaknya infeksi sekunder yang menyertai, terapi yang diberikan di awal, penyakit lain yang menyertai (misalnya seseorang dengan kadar gula darah yang tinggi maka akan mengalami kesulitan dalam proses penyembuhan luka) dan lain sebagainya.

    Untuk membantu meringankan rasa nyeri dan bengkak maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan es batu yang ditempelkan dipipi untuk mengurangi bengkak, konsumsi obat-obatan dari dokter serta jaga asupan makanan. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang lunak dalam 24 jam pertama setelah tindakan pencabutan gigi, hindari mengorek dan menggosok gusi yang luka, sebaiknya tidak meminum dengan menggunakan sedotan, tidak merokok dan jangan lupa melakukan kontrol  1 minggu  hingga 10 hari setelah operasi.

    Silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter gigi yang menangani anda untuk mendapatkan penjelasan lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pipi Bawah Kiri Masih Bengkak Setelah Cabut Gigi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.