• Dear doctor,  sudah hampir seminggu pipis sakit. Keluarnya selalu lancar tapi rasa saat mau selesai seperti anyang-anyangan.  Tapi tidak seperti anyang2n yg bentar2 pengen pipis. Kira2 gejala apa ya dok?  Padahal saya sudah minum air putih banyak.  Dan obat apa yang bisa menyembuhkan.  Sejauh ini tidak menimbulkan efek apapun kecuali sakit saat mau selesai pipisnya.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri saat buang air kemih ataupun keluhan anyang – anyangan dan kencing sedikit – sedikit sering ditanyakan dalam forum konsultasi ini. Penyebabnya sebenarnya bisa beraneka ragam. Namun yang paling sering akibat infeksi saluran kemih (ISK). Gejala yang muncul akibat infeksi saluran kemih antara lain nyeri di perut bagian atas kemaluan (supra pubik), anyang – anyangan atau rasa tidak puas sehabis kencing, keluhan bolak balik kencing, air kemih juga kadang berubah warna menjadi kekeruhan atau malah berwarna merah (BAK bercampur darah), keluhan demam, dan beberapa keluhan lain yang mungkin menyertai. Penyebab ISK bisa karena berbagai macam antara lain karena kurangnya menjaga kebersihan kemaluan, BAK di toilet umum yang kurang bersih, kebiasaan yang salah saat membasuh kemaluan (seharusnya satu arah yakni dari arah vagina ke anus dan bukan sebaliknya), serta masih banyak lagi.

    Kemungkinan sebab lainnya adalah karena batu saluran kemih. Penyakit ini juga bisa menyebabkan keluhan nyeri suprapubik disertai keluhan nyeri saat kencing, keluhan kencing berulang dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen ataupun USG untuk memastikan ada tidaknya batu saluran kemih.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung. Pengobatan yang diberikan berbeda tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Sakit Kencing (Buang Air Kecil)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Pipis Sakit seperti Anyang-anyangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.