• Selamat Sore Dokter,

    Saya berusia 36 tahun, sudah menikah dan belom punya anak. Menstruasi tidak teratur, pernah diagnosa 2 tahun lalu penebalan dinding rahim dan dalam 2 bulan terakhir saya diagnosa lagi dengan polip rahim sebesar biji kacang hijo. Keluhan saya sebelum diagnosa polip rahim, keluar darah ketika berhubungan badan dengan suami (darahnya sedikit dan berwarna agak kecoklatan). Meski sudah kedokter SPog, saya masih belum puas dokter, masih ada beberapa pertanyaan yang selalu terpikir.

    1. Apakah polip rahim itu sejenis tumor atau kanker?

    2. Dengan kondisi saya seperti itu, masih bisa kah berhubungan suami istri? Berbahayakah untuk suami saya?

    3. Apakah polip rahim bisa sembuh? Dengan cara apa penyembuhannya dokter?

    4. Makanan apa yang harus saya di hindari?

    Jawaban dokter sangat saya tunggu dan harapkan. Sebelumnya trimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Dalam dunia kedokteran, semua benjolan pada tubuh yang abnormal sebenarnya disebut sebagai tumor. Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas disebut juga dengan istilah kanker. Jadi sebenarnya kanker juga merupakan tumor namun lebih spesifik yaitu hanya tumor yang bersifat ganas yang menggunakan terminasi ini. Polip rahim merupakan penebalan atau benjolan yang terbentuk pada dinding dalam rahim akibat pertumbuhan jaringan yang abnormal. Berdasarkan definisi ini sudah jelas bahwa polip juga termasuk ke dalam tumor. Polip sendiri kebanyakan merupakan tumor jinak, namun sebagian kecil juga dapat berubah menjadi tumor ganas atau bahkan ada yang dari awal kemunculannya juga sudah menjadi ganas.
    Anda masih bisa berhubungan suami istri dengan suami anda dan tidak membahayakan bagi suami anda karena penyakit ini bukan penyakit menular yang membuat hubungan seks menjadi harus dihindari.
    Sebelum membahas apakah polip bisa disembuhkan, yang utama adalah menentukan apakah polip ini termasuk jinak atau ganas melalui pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pemeriksaan – pemeriksaan ini sekaligus ikut membantu menentukan penanganan yang paling tepat bagi polip tersebut.
    Tidak ada makanan khusus yang harus dihindari, namun baiknya memang anda mengkonsumsi makanan yang sehat.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Trimakasih banyak dokter atas informasinya

Beranda Tanya Dokter Pertanyaan Seputar Polip Rahim

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.