• Dok, saya baru-baru ini periksa ke dokter tht karena sebelumnya sudah 2 minggu pernafasan di hidung sebelah kiri kadang tersumbat kadang tidak. Hasil pemeriksaan adalah polip seperti yang saya duga sebelumnya. Menurut dokter tersebut polip saya sudah besar, saya dikasih obat celestamin dan clabat, dan obat semprot nasacort AQ, cuma mungkin karena polip saya sudah besar jadinya tidak terlalu efek. Yang ingin saya tanyakan apakah selain operasi, untuk penyembuhan polip ini ada cara pengobatan lain? Saat ini pada saat berbaring tidur pasti terasa tersumbat banget pada hidung, apakah keadaan ini selalu dialami penderita polip, atau karena polip saya yang sudah besar? Sebelumnya saya masih belum        begitu merasakan sumbatan di hidung ada saat tidur, baru 2    hari ini penyumbatan tersebut saya rasakan saat berbaring    tidur, penyumbatan berkurang kalau tidur dengan posisi    tengkurap. Kalau operasi dilakukan, biasanya akan bertahan    berapa lama? , karena banyak kabar yang saya dengar dengan           operasi, tetap tidak menjamin kalau polip itu akan tumbuh lagi. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban pertanyaan-pertanyaan saya ini.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan pada rongga hidung, bentuknya bertangkai, dan bersifat jinak. Polip sering berkaitan dengan riwayat alergi misalnya rinitis alergi ataupun asma. Polip yang kecil umumnya tak bergejala dan seringkali tidak butuh pengobatan. Gejala yang bisa dirasakan pasien akibat polip antara lain:

    • Sumbatan pada hidung (hidung terasa mamet kadang hilang timbul)
    • Bersin-bersin
    • Keluar cairan atau ingus di hidung
    • Post nasal drip (cairan atau ingus mengalir di belakang kerongkongan)
    • Berkurangnya penciuman
    • Dan lain sebagainya

    Tatalaksana atau pengobatan polip ada beberapa cara antara lain dengan pengobatan medikamentosa misal dengan obat kortikosteroid semprot hidung ataupun dengan obat oral. Namun jika polip disebabkan karena iritasi, alergi ataupun karena infeksi maka sering berulang. Selain itu bisa diberikan obat anti histamin dan antibiotik. Antibiotik diberikan pada kasus polip akibat infeksi.

    Untuk kasus polip yang besar dan menimbulkan penyumbatan seringkali pengobatan medikamentosa dengan obat -obatan diatas menjadi tidak efektif. Sehingga peru dilakukan tindakan operatif sebagai pilihan terapi yang paling efektif. Namun memang tindakan operatif ataupun medikamentosa dengan obat -obatan tidak mencegah timbulnya polip baru. Polip bisa berulang apalagi pada orang – orang yang memiliki riwayat alergi, asma, iritasi berulang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    malam dok, terima kasih sudah membalas pertanyaan saya,  ada yang ingin saya tanyakan lagi, kalo misalnya sudah dilakukan tindakan operasi pengangkatan polip tersebut dan setelah berselang beberapa lama, polip itu muncul lg, apakah masih boleh dilakukan operasi lagi?

    Terima kasih.

Beranda Tanya Dokter Polip yang Mengganggu Saat Tidur

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.