• cara pengobatan Primary Biliary Sirosis dan apa obatnya agar tidak kambuh lagi

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Primary biliary sirosis atau disebut juga sebagai sirosis empedu primer merupakan terbentuknya jaringan parut yang menyebabkan sumbatan pada saluran empedu di hati. Keadaan ini diawali oleh adanya peradangan pada saluran tersebut. Penyebab gangguan ini sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. Gejala yang muncul berlainan, diawali dengan muncul rasa gatal dan mudah lelah hingga keluhan tinja yang berwarna pucat, berminyak dan menimbulkan bau busuk.

    Pengobatan sirosis empedu primer sendiri sebenarnya hanya merupakan pengobatan simptomatik untuk mengurangi gejala yang muncul. Tidak ada pengobatan yang khusus diberikan untuk penyakit ini. Sebagai contoh adalah pasien dapat diberikan obat kolestiramin yang berfungsi untuk mengurangi keluhan gatal pada pasien sirosis empedu primer. Pemberian obat ursodiol dan kolkisin dapat digunakan juga untuk mengurangi progresivitas atau perburukan penyakit yang muncul. Pemberian asupan kalsium, vitamin D, dan juga vitamin berperan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan vitamin dan mineral tersebut yang tak bisa dipenuhi akibat zat-zat tersebut tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Tindakan operatif berupa transplantasi hati juga dapat dianjurkan pada pasien dengan stadium akhir.

    Ada baiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter yang menangani untuk memastikan pengobatan terbaik sesuai dengan kondisi pasien.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Primary Biliary Sirosis

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.