• Dok, umur saya 20th. Sudah seminggu lebih saya mengeluarkan darah saat bab, dan semakin hari darahnya semakin banyak. Sebelum bab saya berdarah, saya sempat priksa ke dokter radiologi untuk di USG, dengan keluhan perut saya sakit dan susah BAB (sebelum tau jika ada darahnya) kata dokter tersebut, usus saya kotor banyak fases yg menggumpal lalu saya dianjurkan untuk mengganti pola makan, disuruh makan pepaya juga. lalu kurang lebih seminggu setelah itu eh malah ada darah saat BAB dok, BAB juga sakit jadi setiap ingin BAB jadi takut, trus selama dua hari terakhir ini malah darah yg keluar tambah banyak saat BAB, sebelum atau sesudah BAB keluar, dan saya juga jadi takut kalo hal tersebut dpt mengganggu siklus menstruasi saya. Makasih dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena bebarapa hal antara lain karena:

    • Hemorrhoid atau ambeien atau wasir. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah. Hemorrhoid tak selalu disertai keluarnya benjolan pada lubang anus. Pada tahap awal, keluhan yang muncul mungkin hanya berupa buang air besar berdarah saja. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    • Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    • Penyebab lainnya

    Berdasarkan informasi yang anda sampaikan, kemungkinan terdekat adalah anda mengalami hemorhoid. Hal ini mengingat adanya riawayat sulit BAB, feses atau tinja yang keras dan menumpuk di usus. Untuk menghindari keluhan ambeien berlanjut memang ada baiknya anda mengikuti anjuran – anjuran yang sudah disampaikan dokter sebelumnya. Anda tak perlu takut untuk buang air besar selama anda tidak mengejan terlalu kuat. Perbanyak juga konsumsi air putih agar dapat melembutkan tinja yang menumpuk sehingga lebih mudah untuk keluar. Jika keluhan darah saat BAB berlanjut maka perlu pemberian obat – obatan untuk menghilangkan keluhan tersebut. Silakan kunjungi dokter untuk mendapat resep obatnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Proses BAB Mengeluarkan Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.