• selamat siang dok, saya iim 24 th, saya mengalami patah tulang tibia fibula 2 bulan yg lalu, dan sekarang sedang dalam penyembuhan, kemaren baru saja melakukan rontgen dan hasilnya positif, kalus2 tipis sudah mulai tumbuh, terus dokter yang menangani saya bilang bahwa kaki boleh di tapakkan serta di injak kan dengan beban 25% dari berat badan saya, karena dengan menginjakkan kaki tersebut akan mempercepat penyambungan tulang (kata dokter )

    yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut benar dok? bahwa dengan menginjakan kaki akan mempercepat pertumbuhan tulang, dengan waktu 2bln pasca oprasi, soalnya saya masih takut buat melakukannya, terima kasih .

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang atau fraktur merupakan terputusnya kontinuitas tulang akibat beberapa sebab tertentu. Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan tulang ini berbeda – beda tergantung dari beberapa sebab misalnya tulang yang terkena, bentuk patahannya, tatalaksana yang telah dilakukan sebelumnya dan lain sebagainya. Namun secara normal umumnya membutuhkan waktu 4 minggu hingga 3 bulan.

    Ada beberapa latihan yang perlu dilakukan dalam proses penyembuhan. Hal ini penting dilakukan untuk mempersiapkan tulang yang patah agar siap kembali menjalani fungsinya seperti sedia kala. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dijalani yaitu, antara lain:

    1.       Gerakan pasif pada tulang yang patah. Misalnya dengan menggerakkan kaki ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga kaki yang sakit tidak bergerak sendiri. Dalam gerakan pasif, tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot yang terlibat pada kaki yang sakit karena gerakan yang dilakukan bukan atas usaha kaki itu sendiri namun digerakkan oleh tenaga dari luar. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.

    2.       Gerak aktif yaitu menggerakan anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal kaki bisa digerakkan.

    3.       Latihan melawan tahanan misalnya dengan berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan oleh tenaga dari luar.

    4.       Latihan gerak fungsional misalnya dengan mempersiapkan kaki untuk melakukan gerak/aktivitas seperti biasa misal berdiri, berjalan. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

    Apa yang disampaikan oleh dokter anda itu benar dimana anda harus belajar menggerakkan kaki anda agar tidak terjadi kekakuan dan dapat mempercepat kembalinya fungsi gerak anda. Namun ingat jangan memaksakan diri.

    Silakan baca artikel berikut:

    Latihan Gerak Setelah Patah Tulang, Bagaimana Caranya?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Proses Berjalan Setelah Patah Tulang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.