• malam dok. mau tanya anak saya usianya 4 taun. sudah beberapa kali pupnya suka mengelaurkan darah seger. apa yg harus saya lakukan dan obat apa yg harus saya berikan. terimakasi

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar berdarah seringkali menimbulkan kekhawatiran, karena memang bukan termasuk hal normal yang dialami tubuh kita. Darah dalam feses pada anak biasanya bukan karena penyebab yang terlalu serius, namun memang perlu observasi lebih ketat. Darah yang keluar dalam feses juga perlu diperhatikan apakah berwarna merah segar ataukah kehitaman, apakah disertai BAB mencret dan lendir, demam dan keluhan lainnya ataukah tidak. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan buang air besar berdarah pada anak antara lain :

    1. Akibat infeksi bakteri misalnya shigella disentriae ataupun parasit lainnya misalnya amoeba. Keluhan buang air besar berdarah ini seringkali disertai lendir dan keluhan demam. Biasanya buang air besar lebih dari 3 kali dalam 1 hari dan lain sebagainya.
    2. Akibat ambeien atau hemorhoid. Buang air besar yang keras dan terlalu dipaksa dengan mengejan terlalu kuat dapat menyebabkan keluhan ambeien (hemorrhoid) yang gejala awalnya sering ditandai dengan keluarnya darah bersamaan dengan feses atau tinja.
    3. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan keluhan yang dialami oleh anak ibu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter agar dapat dicari tahu penyebab pastinya dan mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pup Anak Saya Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.