• Mat sore dok..anak saya berumur 3 tahun dok..di dalam pusat kaya keluar air gitu trus pada pinggir2 pusatnya kaya gatal gatal trus timbul luka gitu dòk…kira2 apa penyebabnya tu dok…??? Minta jawabannya dok..mkasih..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar cairan dan luka dari pusar bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bagian ini memang acap kali mengalami gangguan karena letaknya yang agak menjorok ke dalam dan berlimpat sehingga cenderung lebih lembab dan terlewati untuk dibersihkan. Keluhan yang sering muncul awalnya berupa rasa gatal, kadang lama kelamaan timbul luka dan cairan yang berbau tak sedap. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa keadaan yang menjadi penyebab dan pencetus keluhan tersebut yaitu antara lain akibat infeksi baik karena bakteri ataupun infeksi mikroorganisme lainnya seperti jamur, pasien yang jarang membersihkan bagian pusar, dermatitis, adanya riwayat kencing manis yang dimiliki, serta penyebab lainnya misal adanya kista.

    Tatalaksana yang diberikan tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu ada baiknya diperiksakan terlebih dahulu secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail untuk memastikan penyebab keluhan anda.  Jika setelah dipastikan penyebab keluhan tersebut adalah karena infeksi bakteri ataupun jamur maka daerah pusar perlu dicuci dengan menggunakan air hangat dan menggunakan sabun antibakteri. Seteah itu di lap hingga bersih dan kering. Selanjutnya lakukan pengolesam krim antibiotik ataupun krim antijamur sesuai penyebabnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pusat Berair pada Bayi, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.