• Dok. Saya berumur 27. Ini kehamilan pertama. Sekitar 3minggu. Kepala kok sering sakit ya dok? Sering ngantuk dan juga sedikit mual. Sebaiknya apa yang saya lakukan? Dan apakah susu kehamilan harus diminum 2x sehari? Bolehkah saya makan mayonese?thank u dok

    Selamat pagi Wenny, terimakasih atas pertanyaannya di mediskus.com.

    Wanita hamil memang tidak bisa sehat bugar seperti ketika tidak sedang hamil. Suatu gejala kehamilan yang umum dialami termasuk mual, pusing, lemah, dan sebagainya. Namun kita juga tidak boleh pasrah, karena ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk meringankannya.

    Langkah pertama adalah lakukan pemeriksaan tekanan darah, karena pusing yang berlebihan bisa terjadi akibat tekanan darah yang turun dibawah normal (baca: darah rendah).

    Konsumsi suplemen khusus ibu hamil, asam folat, zat besi dan vitamin B6 adalah suplemen wajib untuk ibu hamil. Zat besi akan berperan dalam mencegah kurang darah (anemia), B6 baik untuk mengurangi gejala mual, dan asam folat sangat diperlukan untuk perkembangan janin yanh sempuna tanpa cacat.

    Konsumsi makanan bergizi, baca anjuran makanan untuk ibu hamil dan hindari pantangan ibu hamil.

    Ibu hamil memang perlu banyak istirahat, namun bukan berarti harus mengurung diri di rumah atau bahkan berbaring di ranjang. Lakukanlah olah raga ringab seperti senam khusus ibu hamil, jalan pagi, membersihkan halaman, dan sebagainya.

    Lakukanlah pemerksaan rutin untuk selalu memantau kondisi kesehatan ibu dan janin. Baca jadwal pemeriksaan ibu hamil.

    Dengab demikian, semoga Anda terbebas dari gejala pusing, mual, mengantuk berlebihan selama kehamilan.

    Cukup sekian jawaban yg dapat saya sampaikan, semoga membantu ya.

Beranda Tanya Dokter Pusing Saat Hamil? Ini Solusinya

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.