• Selamat siang dok,

    Saya mau tanya, saya punya penyakit sering pusing, saya sudah ke dr. syaraf bahkan sudah ct scan  dan hasilnya bagus, penyakit ini saya rasakan semakin menjadi pada saat sehabis menstruasi semakin pusing, vertigo dan darah menjadi tinggi tekanannya, saat ini 150 / 100 , terus ini penyakitnya apa dok terus solusinya gimana dok ? terimakasih sebelumnya , jawaban sy tunggu.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Vertigo merupakan salah satu tipe sakit kepala dengan keluhan berupa rasa pusing berputar atau sering dikeluhkan berupa pusing 7 keliling. Vertigoterdiri dari dua tipe yaitu vertigo perifer (akibat gangguan telinga dalam yaitu tepatnya pada saraf vestibular dan labirin) dan vertigo sentral (akibat gangguan sistem saraf pusat). Penyebab vertigo ada banyak, yang paling sering antara lain karena:

    1. Benign Paroxysmal Postural Vertigo (BPPV), yang berkaitan dengan postur tubuh tertentu. Infeksi telinga juga bisa menyebabkan BPPV
    2. Penyakit meniere. Penyebanya belum diketahui, namun beberapa penelitian mengatakan stress , konsumsi makanan tinggi garam dan juga alkohol bisa menjadi faktor pencetus.
    3. Neuronitis vestibular
    4. Penyebab lainnya

    Tekanan darah yang anda alami juga cukup tinggi yaitu 150/ 100 mmHg. Tekanan darah ini termasuk ke dalam hipertensi stage II. Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala terasa tegang, vertigo ataupun keluhan sakit kepala lainnya. Perlu upaya untuk menurunkan agar tekanan darah anda kembali normal, salah satunya dengan pemberian obat anti hipertensi misalnya captopril, amlodipin dan lain sebagainya. Menjaga asupan makanan serta berolahraga teratur juga berperan untuk menurunkan tekanan darah anda. Silakan konsultasi secara langsung ke dokter agar mendapat pemeriksaan mendalam serta terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pusing, Vertigo dan Darah Tinggi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.