• Putra saya telinga kiri sakit dan berdengung. kepala menjadi pusing.kenapa ya dok

    Nohon dibalas via email

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa nyeri di telinga bisa disebabkan oleh banyak hal. Gejala lain yang menyertai nyeri di telinga berupa demam, penurunan pendengaran, keluar cairan dari telinga dan sebagainya sangat membantu menegakkan diagnosis keluhan anda tersebut. Nyeri telinga bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1. Infeksi telinga luar (otitis eksterna). Nyeri telinga disertai keluhan demam, kadang keluar cairan, sakit kepala dan lain sebagainya. Kebiasaan mengorek telinga sering menjadi faktor pencetus keluhan infeksi ini.
    2. Infeksi telinga tengah (otitis media). Nyeri telinga biasanya diawali demam, keluar cairan di telinga, penurunan pendengaran, telinga berdengung, sakit kepala, telinga kadang terasa gatal dan lain sebagainya. Infeksi saluran napas sering menjadi penyebab keluhan ini.
    3. Adanya benda asing di dalam telinga.
    4. Trauma telinga
    5. Dan lain sebagainya

    Keluhan telinga berdenging dalam istilah kedokteran bisa disebut juga dengan tinitus. Tinitus bisa disebakan oleh banyak hal antara lain adanya infeksi pada telinga, gejala penurunan pendengaran akibat tuli (misal noice induced hearing loss/ penurunan pendengaran akibat mendengar bunyi bising), dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga dapat tegak diagnosis pastinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Sakit dan Berdengung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.