• Mlm dok, maaf saya mau tanya saya demam  4 hari tenggorokan bengkak2 putih, rasa seperti terbakar dan serasa ada yang bergerak ditenggorokan, nyeri saat menelan pastinya. sudah minum obat dokter dr 3 hari yg lalu (thiamicin tab,trimoxul,prorenal,stimulan)namun belum ada perubahan. Obat itu untuk 2 hari ke depan.tepat kan obat yg diberikan?krn tdk ada pengaruhnya pd radang tenggorokan sy.hrskah sy kembali k dokter itu atw mencari dokter yg lain?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri menelan sering dialami oleh hampir tiap individu. Keluhan nyeri menelan ini biasanya terkait dengan infeksi oleh karena mikroorganisme tertentu, baik virus, bakteri ataupun lainnya. Keluhan nyeri menelan bisa karena beberapa gangguan antara lain:

    1. Faringitis atau infeksi pada faring merupakan kondisi tersering penyebab keluhan nyeri menelan.
    2. Laringitis infeksi pada laring, juga dapat menimbulkan keluhan nyeri menelan. Namun keluhan suara serak merupakan keluhan khas akibat infeksi pada bagian ini.
    3. Tonsilitis atau adanya infeksi pada amandel sehingga amandel membesar.
    4. Kombinasi kedua atau ketiga penyakit di atas
    5. Abses peritonsiler merupakan infeksi yang menyebabkan adanya timbunan nanah (pus) yang ada pada tonsil (amandel)
    6. Penyebab lainnya

    Pengobatan yang diberikan berbeda – beda tergantung diagnosis penyakit yang anda alami. Penyebab infeksi harus ditentukan terlebih dahulu sehingga dapat ditentukan terapi yang paling tepat. Periksakan diri anda secara langsung ke dokter atau konsultasi ulang dengan dokter yang memeriksa anda sebelumnya agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang lebih detail untuk memastikan perbaikan kondisi anda setelah mengkonsumsi obat yang diberikan sebelumnya. Belum adanya perbaikan keluhan yang anda alami sangat mungkin terjadi akibat kuman yang tumbuh dengan hebatnya dan cenderung tahan terhadap obat yang diberikan sebelumnya sehingga sering butuh pengobatan yang lebih lama atau penggunaan antibiotik lainnya yang lebih kuat.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Radang Tenggorokan: Nyeri Saat Menelan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.