• dok,  kenapa ya rambut saya sering rontok.  ngga disisir juga tetap rontok. jadi rambut saya agak tipis gara” rontok terus.  terus banyak rambut mati nya juga dok. apakah ini ada hubungan nya sama penyakit serius?  gimana cara penanganan nya ya?. Trims.

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rambut merupakan bagian tubuh yang sangat penting bagi kita. Selain sebagai perhiasan tubuh, rambut juga berfungsi untuk memberi kehangatan pada tubuh. Rambut memiliki siklus pertumbuhan yakni ada rambut yang memasuki fase pertumbuhan dan ada sebagian kecil yang memasuki fase istirahat dan berakhir dengan terlepasnya rambut diikuti pertumbuhan bakal (calon) rambut baru.

    Setiap harinya rambut akan rontok sebanyak maksimal 100 helai. Jika melebihi jumlah tersebut, maka sudah termasuk abnormal. Jadi jangan terlalu khawatir dulu dengan rambut yang rontok, karena selama tidak melebihi batas tersebut maka hal tersebut merupakan reaksi alamiah tubuh. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut, salah satunya adalah faktor hormonal. Jika terjadi gangguan hormon maka bisa terjadi kerontokan rambut yang abnormal. Penyakit infeksi misal infeksi jamur di rambut, ataupun infeksi lainnya juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Pengaruh obat – obatan misal obat kemoterapi dan lainnya juga bisa mematikan sel – sel tubuh termasuk sel rambut. Penyakit keganasan dan penyakit lainnya juga bisa menimbulkan gejala kerontokan.

    Untuk memastikan penyebab keluhan  anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter. Namun ada baiknya anda mengamati jumlah rambut anda yang rontok tiap harinya apakah dibawah atau melebihi 100 helai per hari.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Rambut Rontok, Bisakah Disebabkan oleh Penyakit Serius

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.