• Dok, saya mau tanya. Belum lama saya habis melakukan suntik KB 3 bulan. Akan tetapi selang 1 hari tanda2 kehamilan muncul, dan akhirnya 1 hari setelah mendapatkan suntikan. Saya datang k bidan lagi untuk melakukam test kehamilan, dan yg saya kagetkan, saya benar2 positif hamil. Dan saat ini perut saya terasa mules yg tiada henti, sama rasa ingin BAB, akan tetatapi tdk mesti keluar tinjanya ketika BAB. Yang pengen saya tanyakan, apakah itu bisa mengakibatkan keguguran dok, misalkan iya, lalu apa pencegahannya?

    Saya tunggu jawabanya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menggunakan KB dalam hal ini adalah melakukan penyuntikan alat kontrasepsi hormonal baik KB 3 bulan, KB 1 bulan harus dipastikan terlebih dahulu agar akseptor KB (penerima KB) tidak dalam kondisi hamil. Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan alat tes kehamilan (test pack) untuk memastikan kehamilan atau bisa juga melakukan penyuntikan KB segera setelah selesai menstruasi.

    Keluhan nyeri perut, rasa mulas saat kehamilan bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

    1. Karena gangguan saluran pencernaan bisa menyebabkan rasa nyeri perut, mulas dan lain sebagainya. Kadang disertai gangguan BAB baik diare atau malah konstipasi (sembelit)
    2. Bisa juga karena kram perut yang sering terjadi di awal kehamilan
    3. Akibat abortus (keguguran). Tahap awal terjadinya keguguran rasa nyeri tidak terlalu berat namun lama kelamaan makin meningkat intensitasnya hingga akhirnya keluar hasil pembuahan dari dalam rahim. Pada saat telah keluarnya hasil konsepsi (hasil pembuahan) ini secara keseluruhan, rasa nyeri akan berkurang.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, khususnya dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG) agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis keluhan yang anda rasakan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Rasa Ingin BAB dan Mules

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.