• doktor selamat pagi,doktor sejak baru baru ini punggung saya rasa panas dan dubur terasa pedih, sertai dengan otot otot badan terasa sakit dan mulut terasa kering. doktor tetapi BAB saya semua normal

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan otot badan yang terasa sakit bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya kram otot karena aktivitas yang berlebihan, penyakit infeksi juga bisa menimbulkan keluhan tersebut, faktor usia dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan keluhan mulut kering bisa muncul karena dehidrasi atau kurang cairan, infeksi saluran cerna, dan penyebab lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda tersebut.

    Keluhan – keluhan ini bisa terkait dengan keluhan dubur yang terasa perih, namun bisa juga tidak ada kaitannya sama sekali. Keluhan dubur yang terasa panas biasanya terjadi saat seseorang susah buang air besar (BAB) dan berusaha mengejan untuk mengeluarkannya. Keluhan dubur yang terasa panas dan tak nyaman juga bisa menjadi gejala awal terjadinya hemorhoid atau ambeien. Jika ambeien berlangsung terus menerus maka akan menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah hingga munculnya benjolan pada lubang anus.

     

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Karena dalam forum ini saya tak bisa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada anda serta tak bisa melakukan pemeriksaan penunjang sehingga hanya bisa membantu menjelaskan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Rasa Panas dan Pedih di Dubur dan Punggung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.