• dok, sya mau tanya, beberapa hari ini dada sebelah kanan sering terasa sakit kenapa ya dok? dan kadang disertai sesak nafas dok. sebelunya saya memang mempunyai riwayat penyakit gejala asma dok.

    Selamat sore

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada sering sekali menimbulkan kekhawatiran. Nyeri dada bisa terjadi di bagian kanan maupun kiri. Bisa disebabkan karena masalah ringan ataupun akibat penyakit tertentu yang lebih berat. Pada kasus anda rasa nyeri dada terjadi pada bagian dada kanan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada kanan yang sering terjadi, yaitu antara lain:

    1. Infeksi, baik infeksi bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya sering menjadi penyebab rasa nyeri di bagian dada kanan. Umumnya nyeri dada disertai keluhan lainnya seperti napas menjadi lebih pendek, batuk dan lain sebagainya
    2. Gangguan lambung misalnya gastroesofageal reflux disease juga sering menyebabkan rasa nyeri di bagian dada akibat naiknya asam lambung.
    3. Pleuritis, merupakan peradangan di selaput pleura. Pleuritis kanan bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian dada sebelah kanan.
    4. Peradangan di kandung empedu. Bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian perut kanan atas yang menjalar hingga ke atas sehingga pasien merasa dada kanannya terasa nyeri
    5. Dan lain sebagainya

    Karena banyaknya kemungkinan penyebab keluhan tersebut maka ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Hal ini penting untuk penegakan diagnosis keluhan anda serta mendapat terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Rasa Sakit pada Dada Sebelah Kanan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.