• Selamat malam dok, saya mengalami patah tulang betis dan kering, kejadian nya 3 bulan lalu.

    Pada waktu itu saya langsung dibawa ke pengobatan alternatif, alhamdulillah setelah rawat jalan selama 3 bulan saya sekarang sudah memakai tongkat, lepas perban dan berusaha latihan menekan telapak kaki saya sesuai takaran.

    Sebenernya saya masih ada kekhawatiran akan berapa lama lagi saya bisa berjalan tanpa tongkat/kreuk sejauh ini sih saya tidak merasakan nyeri pada bagian yang patah cuman pergelangan kaki masih ngilu pada saat diberi beban agak berlebih katanya sih harus lebih banyak digerakan.

    Mohon sarannya untuk recovery lebih cepat dan apakah proses penyembuhan yg saya alami hal yg wajar menurut pengalaman dokter?

    Terima kasih banyak

    Fajar Siddiq S.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Waktu penyembuhan patah tulang berbeda pada tiap pasien. Ada beberapa hal yang mempengaruhinya yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Anak – anak akan memiliki waktu penyembuhan yang rata – rata lebih cepat daripada orang dewasa.
    2. Lokasi tulang tempat terjadinya patah tulang dan juga bentuk patahan tulangnya akan mempengaruhi waktu penyembuhan.
    3. Tulang yang bergeser dan seberapa jauh pergeserannya akan mempengaruhi waktu penyembuhan. Semakin jauh pergeserannya maka waktu penyembuhan bisa lebih lama.
    4. Vaskularisasi yang baik oleh pembuluh darah diantara kedua bagian fraktur akan mempercepat penyembuhan
    5. Pertolongan pertama pada tulang yang tepat akan mempengaruhi waktu penyembuhan. Imobilisasi yang baik akan mencegah pergerakan dan kerusakan pembuluh darah di sekitar fraktur. Hal ini akan membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.
    6. Dan lain sebagainya

    Jika penanganan tepat maka penyembuhan patah tulang berkisar antara 3 minggu – 3bulan. Penanganan ini ditentukan dengan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang yang tepat oleh dokter. Perlu diketahui keadaan tulang dan jaringan sekitarnya yang rusak baru ditentukan penanganan yang paling tepat. Membawanya ke alternatif bisa membuat perkiraan penyembuhan menjadi tak terduga karena dikhawatirkan penanganan yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi tulang yang patah akibat minimnya pemeriksaan yang tepat oleh dokter.

    Oleh karena itu saya menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan sejauh apa penyembuhan tulang anda yang patah. Apakah tulang menyambung dengan sempurna atau malah membuat persambungan menjadi tidak sesuai dengan bentuk anatomi normal tulang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Recovery Penyembuhan Patah Tulang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.