• Dok,mau tanya, aku punya rinitis alergi yg sudah lama,,,,,stelah saya tes alergi aku alergi debu,,,,dan seafood, sudah saya hindari semua x namun hidung ku masih banyak lendir, ditambah lagi nafas ku dari hidung bau,,,,,mulut bau,,,,,dan lendir x kya bau amis yg bkin sy g pede, gmna ni dok ku dh brobat tp blm smbuh,smbuh

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rinitis alergi adalah peradangan atau inflamasi pada mukosa hidung akibat faktor alergen seperti debu, jamur, bulu binatang, dan sebagainya. Rhinitis alergi bisa juga disebabkan karena faktor cuaca dan lingkungan misal pada saat udara dingin (saat hujan, pagi hari ataupun malam hari). Keluhan yang muncul akibat rinitis alergi antara lain bersin – bersin disertai keluarnya sekret (ingus) berwarna bening, kadang juga disertai sakit kepala, mata, hidung dan juga telinga kadang ikut terasa gatal.

    Jika memang ada keluhan lain yang muncul misal nafas dari hidung dan juga mulut yang terasa bau maka saya curiga tidak hanya terjadi rinitis alergi namun juga bisa karena sebab lain misalnya adanya infeksi sekunder yang menyertai keluhan rinitis, atau malah karena sebab lain selain rinitis misal polip, dan sebagainya. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami secara tepat.

    Pengobatan yang diberikan pun bisa berbeda tergantung penyebab keluhan. Jika memang terdapat infeksi sekunder karena bakteri yang menyertai maka bisa diberikan antibiotik yang sesuai dengan kuman penyebab. Begitu pun jika karena sebab lainnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Rinitis Alergi dengan Ingus Bau Amis

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.