• Assalamualaikum dok.

    Saya mau tanya, kalau ruamnya ada yang pecah tapi tetap diolesi salep, itu boleh/tidak?

    Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes zoster. Keluhan yang muncul diawali oleh demam diikuti munculnya ruam atau bintik – bintik merah pada kulit yang kelamaan bisa berubah menjadi bintik seperti kulit melepuh , yang disertai nyeri pada area sekitar bintik tersebut. Keluhan ini umumnya berlangsung hanya unilateral atau sesisi tubuh saja.

    Pengobatan herpes zoster bisa menggunakan salep atau pun krim acyclovir. Penggunaan bentuk sediaan obat ini baik krim ataupun salep bisa diberikan pada ruam kulit atau lenting yang belum pecah ataupun yang sudah pecah. Acyclovir topikal (salep ataupun krim) berperan untuk menghambat pertumbuhan virus herpes sehingga sistem imun tubuh dapat lebih efektif melawan agen – agen penyebab infeksi. Selain itu krim ataupun salep acyclovir dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan gejala lain yang muncul serta dapat mempercepat proses penyembuhan ruam kulit.

    Namun pada dasarnya pengobatan herpes zoster  hanya bersifat simptomatik saja untuk mengurangi keluhan yang dirasakan pasien. Yang paling penting adalah bagaimana pasien menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap baik sehingga virus bisa ditekan pertumbuhannya dan proses infeksi dapat segera dihentikan sehingga pasien bisa sembuh. Oleh karena itu menjaga asupan makanan, istirahat yang cukup serta pemberian suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga penting untuk mempercepat proses penyembuhan, termasuk proses penyembuhan ruam kulit akibat herpes.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ruam Herpes Zoster Pecah, Bolehkah Diolesi Salep?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.