• dear dokter…

    dok, saya mau tanya…. anak saya demam sudah 3 hari, tapi sudah sembuh skrg. tapi setelah 3 hari muncul bintik2 merah. seperti ruam gitu. seperti campak. apa ini campak atau apa ya dok? tapi anak saya dlm keadaan sehat sekarang.

    terima kasih.

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Campak atau dalam istilah kedokteran disebut dengan morbili merupakan suatu penyakit infeksi virus yang bersifat akut, yang sering menyerang anak – anak. Gejala yang dialami oleh penyakit ini antara lain demam tinggi mendadak selama beberapa hari kemudian diikuti munculnya bintik – bintik merah pada tubuh, sering juga disertai keluhan batuk pilek, mata merah akibat konjungtivitis, nafsu makan menurun dan lain sebagainya.

    Ada lagi penyakit lainnya yang memiliki keluhan menyerupai campak yaitu campak jerman atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai rubella. Keluhan yang muncul antara lain demam tinggi, bercak merah pada tubuh, batuk, pilek dan nafsu makan menurun serta adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Bercak merah yang timbul tidak terlalu parah dan cepat menghilang dalam waktu kurang lebih 3 hari.

    Selain campak dan campak jerman sebenarnya masih ada lagi penyakit lain dengan keluhan bercak merah, antara lain penyakit akibat infeksi virus lainnya seperti roseola, flu singapura, dan masih banyak lagi. Sehingga pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter memiliki peranan penting untuk menegakkan diagnosis pasti penyebab keluhan pada anak anda. Oleh karena itu sebaiknya berkonsultasi secara langsung lah ke dokter terdekat di kota anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ruam Kulit Setelah Demam 3 Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.