• Dok, kenapa kalau saya sedang haid ketika mau buang angin dan buang air besar selalu nyeri sekali.. Kira2 itu kelainan atau normal kah ? Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ? Terimakasih.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Saat menstruasi beberapa wanita sering sekali mengeluhkan rasa nyeri pada perut. Nyeri atau kram perut saat menstruasi sebenarnya cukup wajar asalkan tidak berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari – hari. Nyeri saat menstruasi atau biasa disebut dismenore memiliki gejala antara lain rasa nyeri pada perut yang bisa berlangsung terus menerus atau hilang timbul, perut terasa seperti ditekan – tekan, nyeri di pinggul, pinggang bawah dan juga paha dalam. Saat keluhan nyeri dirasakann sangat berat maka kadang pasien juga hingga muntah, atau mengeluh buang air besar pun terasa nyeri.

    Ada beberapa penyebab nyeri haid, mulai dari sebab ringan hingga berat. Salah satu penyebab nyeri haid yang berlebihan adalah akibat endometriosis. Endometriosis merupakan pertumbuhan jaringan yang seharusnya berada dalam rahim (endometrium)menjadi berada di luar rahim. Biasanya selain keluhan nyeri yang amat sangat, keluhan lain yang dirasakan adalah perdarahan saat haid sangat banyak serta adanya keluhan nyeri saat pasien buang air besar ataupun kecil.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dipastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara detail agar dapat mengidentifikasi penyebab keluhan secara jelas.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit BAB dan Buang Angin Saat Haid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.