• Dok dada saya sebelah kanan sakit sudah 2minggu lebih gara” terbentur benda keras, jika ditekan malah tambah sakit itu kenapa ya? Dan sekarang dada yg sebelah kiri terasa nyeri apalagi saat ambil nafas panjang, dan waktu tidur tiba” terasa sakit sekali di dada kiri. Terimakasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada baik dada kanan maupun kiri memiliki beberapa penyebab, salah satunya akibat faktor trauma atau benturan benda keras terhadap dada seperti yang anda alami. Benturan benda keras yang mengenai dada dan menimbulkan keluhan rasa nyeri sering dialami oleh beberapa individu yang mengalami kecelakaan. Umumnya gangguan terjadi pada beberapa bagian tubuh di daerah dada mulai dari dinding dada hingga organ dalam dada, seperti yang akan saya jelaskan berikut:

    1. Bagian otot dada. Benturan benda keras yang tidak terlalu kuat biasanya hanya mengenai bagian otot dada saja sehingga membuat kram otot, lebam otot, hingga luka lecet. Keluhan yang dirasakan oleh pasien berupa rasa nyeri di bagian dada, umumnya jika ditekan akan terasa sakit, bisa juga menimbulkan keluhan sesak napas namun tidak signifikan. Biasanya jika hanya terjadi lebam ataupun luka lecet, keluhan akan berkurang dalam beberapa hari hingga minggu.
    2. Bagian tulang iga. Bagian yang lebih dalam dari otot dada adalah tulang iga yang melindungi organ dalam dada. Jika benturan cukup keras maka tulang bisa terkena hingga menimbulkan fraktur (patah tulang). Umumnya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, apalagi jika pasien menarik napas dalam. Jika patahan tulang sampai bergeser juga bisa menusuk bagian organ di sekitarnya dan ini sangat berbahaya.
    3. Organ dalam dada, berupa paru dan jantung. Trauma atau benturan yang parah seringkali menimbulkan gangguan pada paru dan jantung, bahkan bisa menimbulkan ruptur. Pasien umumnya mengalami penurunan kesadaran.

    Berdasarkan keluhan anda saya menduga gangguan hanya terjadi di bagian otot dada saja. Namun jika keluhan makin memberat dan tidak menghilang dalam beberapa minggu baiknya langsung diperiksakan ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Bagian Dada Kanan dan Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.