• Permisi dok , saya mau tanya , saya baru terkena penyakit cacar air, paling banyak di muka, saat cacar air sudah banyak , cacar air itu mulai merambah ke bagian kemaluan saya , saya laki laki , umur 17 tahun , nah pas cacar air di wajah , ada juga yang sampai di atas kepala , dan ada yang pecah kemudian mengeluarkan cairan kuning (bukan kuning susu seperti nanah) kuningnya seperti minyak goreng, tetapi mengering / seperti ketombe yang banyak , pada bagian yang pecah tersebut , dan dibagian kemaluan saya banyak yang tidak sengaja tergores pakaian saya dan banyak yang pecah dan lecet , dan itu membuat saya kalau berjalan agak sulit , dan disitu pada salah satu yang pecah juga ada yang kuning seperti yang saya sebutkan saya diatas , apa mungkin cairan pecahan tersebut yang ada di muka / diatas kepala saya itu tercampur dengan minyak yang biasa dikeluarkan dari wajah , atau bagaimana , dan juga sebelum sakit cacar air (sekitar 1 jam) dibawah telinga saya ada yang menonjol kecil (sudah tanya dokter katanya saluran getah bening yang banyak memproduksi anti body karena saya akan sakit) nah apa ada hubungannya atau gimana ? terimakasih dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit cacar air atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan varicela merupakan penyakit akibat infeksi virus varicella herpes zoster yang memiliki gejala klinis berupa timbulnya bentol atau lenting – lenting berisi air yang menyerupai tetesan embun, umumnya sebesar jarum pentul hingga sebesar biji jagung. Keluhan ini awalnya didahului oleh demam baru kemudian diikuti munculnya lenting berisi air yang lama kelamaan akan mengering dan menimbulkan krusta berwarna coklat kehitaman. Lenting berisi air ini umumnya muncul di punggung, dada, lengan, tungkai, dan wajah serta bisa sampai kemaluan. Jika lenting pecah, dapat terlihat cairan serosa (berwarna bening kekuningan) yang keluar. Namun jika telah terjadi infeksi sekunder, seringkali lenting tersebut berisi nanah. Keluhan cacar juga bisa disertai pembesaran kelenjar getah bening (KGB), terutama KGB di leher.

    Cacar air umumnya sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan biasanya hanya terapi simptomatik untuk mengurangi gejala. Jika pasien merasa demam ataupun merasa nyeri di daerah lesi, maka dapat diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan tersebut. Jika pasien merasakan gatal di daerah lesi, maka dapat diberikan obat anti histamin untuk mengurangi nyeri. Untuk pengobatan topikal dapat diberikan bedak salicil untuk mengurangi rasa gatal , namun hanya diberikan pada lenting yang belum pecah. Selain itu dapat diberikan krim acyclovir pada lenting – lenting berisi air tersebut ataupun krim antibiotik jika ada infeksi sekunder. Namun karena penyakit ini disebabkan oleh virus dan bisa sembuh sendiri, maka asalkan daya tahan tubuh pasien baik maka keluhan agar segera hilang. Oleh karena itu perhatikan asupan makanan anda, konsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin serta istirahat yang cukup.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih atas jawaban anda :D

Beranda Tanya Dokter Sakit Cacar Air Di Wajah dan di Kemaluan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.