• Selamat malam…. Dok, saya mau bertanya Biasanya dada saya terasa sakit secara tiba-tiba dan rasa sakitnnya terus bertambah jika saya tidak bersendawa Kira-kira itu penyakit apa dan bagaimana cara menyembuhkannya????

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan sebenarnya kurang detail. Karena nyeri dada sendiri sangat banyak penyebabnya. Rasa nyeri bisa bersumber dari organ yang memang terletak pada rongga dada atau bisa terjadi karena penjalaran dari organ lain yang terletak di luar rongga dada. Rasa nyeri juga bisa terasa panas, terhimpit benda berat, tertusuk – tusuk dan lain sebagainya. Penyebab keluhan nyeri dada bisa karena masalah ringan atau masalah tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada yaitu antara lain:

    1. Gangguan pada lambung, misal karena dispepsia atau juga karena gastroesofageal reflux disease (GERD) bisa menyebabkan keluhan nyeri ulu hati yang menjalar ke dada. Keluhan ini terjadi akibat peningkatan asam lambung. Penyebabnya berbagai macam salah satunya karena kebiasaan makan yang tak teratur, konsumsi banyak makanan yang terlalu asam, pedas, berlemak, kafein dan lain sebagainya.
    2. Nyeri dada akibat gangguan pada jantung, misal penyakit jantung koroner. Keluhan nyeri dada yang terjadi umumnya terjadi pada bagian dada kiri yang menjalar ke lengan kiri, rahang, punggung dan lain sebagainya
    3. Gangguan pada otot dada, misal karena trauma atau benturan dan lain sebagainya
    4. Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Dok kyanya penyakit saya cocok sma yg nomor 1

     

    Kira2 apa yg harus sy lakukan?

Beranda Tanya Dokter Sakit Dada Secara Tiba-tiba dan Bersendawa

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.