• Selamat pagi dok, saya berumur 21 tahun, saya mempunyai keluhan, terkadang dada sebelah kanan saya terasa sakit , kemudian sakit tersebut juga seperti menjalar pada bagian tenggorokan sebelah kanan bawah yang terkadang terasa panas. hal ini biasanya terjadi dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama dan muncul dengan tiba-tiba, bisa pagi atau di waktu lain. kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih :)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf keterangan yang anda berikan masih kurang detail dan menggambarkan ke arah keadaan tertentu. Bagaimana rasa nyeri yang terjadi apakah tertusuk – tusuk, tertekan, seperti terhimpit benda berat atau seperti apa. Adakah keluhan lain yang menyertai misalnya sesak, batuk pilek dan lain sebagainya serta keterangan lain yang dibutuhkan.

    Keluhan yang anda sampaikan masih bersifat umum. Banyak penyakit yang memiliki keluhan yang sama seperti yang anda keluhkan antara lain;

    • Infeksi saluran napas bagian atas. Biasanya keluhan nyeri tenggorokan bisa disertai keluhan lain seperti demam, nyeri menelan, atau batuk pilek dan lain sebagainya.
    • Gastroesofageal reflux disease juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada dada yang menjalar ke tenggorokan. Nyeri terasa panas terbakar. Biasanya terjadi akibat naiknya asam lambung ke arah tenggorokan.
    • Faktor psikosomatis juga bisa menyebabkan keluhan seperti yang anda alami.
    • Sebab – sebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara lebih detail sehingga dapat ditegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami. Tanpa pemeriksaan fisik secara langsung ke pasien akan sulit menentukan organ apa yang terkena, mengingat keluhan yang anda sampaikan tidak spesifik mengarah ke penyakit tertentu. Terapi yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Dada dan Tenggorokan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.